Website adalah kumpulan halaman yang dapat menampilkan sebuah informasi berupa data teks, data gambar dan gerak, suara, video, data animasi atau kombinasi antara semuanya. Bentuknya dapat statis ataupun dinamis dalam satu rangkaian bangunan yang memiliki keterkaitan yang masing-masingnya bisa saling berhubungan dengan jaringan-jaringan halaman.

Website AdalahWebsite yang bersifat statis itu artinya, informasi yang terdapat di dalam website tidak berubah cenderung konsisten. Selain itu, isi informasi yang diberikan juga hanya melalui pemilik website.

Sedangkan jika website yang bersifat dinamis adalah kebalikannya, website tersebut berisi informasi yang dapat berubah-ubah. Yang utama, isi informasi tidak hanya berasal dari pemilik website tetapi juga pengunjung bisa menambahkan informasi sesuai ketentuan dari pemilik.

Contoh website statis seperti, website yang memberikan informasi mengenai profil sebuah perusahaan. Sedangkan contoh website dinamis lebih beragam, seperti Multiply, Friendster, dan masih banyak lainnya. Untuk cara pengembangannya sendiri, website statis hanya bisa diupdate atau dikelola oleh pemilik website saja sedangkan website dinamis dapat diupdate oleh siapa saja termasuk pemilik dan pengguna lain.

Cara Mengelola Website

Untuk proses pemeliharaan sebuah website perlu untuk melakukan penambahan dalam hal informasi, seperti artikel, berita, link, video, auido, gambar, atau informasi dalam bentuk lain. Tanpa adanya update atau pengelolaan lebih lanjut mengenai website maka website akan terkesan membosankan.

Website yang monoton dan membosankan tentu akan membuat pengunjung meninggalkan website anda, maka dari itu sangat penting bagi pemilik website untuk melakukan pemeliharaan setiap harinya.

Biasanya yang rutin melakukan pemeliharaan website adalah web organisasi atau lembaga pemerintahan, website yang menyediakan berita, dan website penyedia artikel-artikel. Sedangkan website yang tidak rutin dalam melakukan pemeliharaan adalah situs-situs pribadi.

Unsur Penting dalam Penyediaan Unsur Website

1. Web Hosting

Web hosting adalah ruangan yang ada di dalam tempat penyimpanan yaitu harrdisk tempat untuk menyimpan berbagai data seperti file gambar, video, audio, teks, dan sebagainya dalam website. Data yang disimpan, sangat bergantung kepada web hosting yang digunakan atau sewa.

Biasanya, web hosting disewakan dalam jangka waktu satu tahun. Untuk menyewa web hosting sendiri, tidak hanya di luar negeri namun Indonesia juga sudah menyediakan jasa penyewaan web hosting. Dengan menyewa web hosting, anda akan mendapatkan sebuah kontrol panel yang sudah terproteksi dengan username dan password.

2. Nama Domain

Nama domain yaitu sebuah alamat yang terdapat di internet yang berguna untuk mengidentifikasi website atau alamat yang digunakan untuk menemukan website di dunia internet. Tidak jauh berbeda dengan web hosting, nama domain juga diperjualbelikan secara bebas di internet.

Pengguna yang membeli nama domain (biasanya masa sewa satu tahun) akan mendapatkan kontrol panel untuk proses administrasi selanjutnya. Pengguna harus selalu melakukan perpanjangan setiap kali masa sewa habis, jika tidak maka nama domain akan langsung diambil oleh orang lain.

3. Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman merupakan bahasa-bahasa yang berfungsi sebagai penerjemah pada saat website diakses sehingga dapat saling dimengerti. Jenis bahasa pemrograman sangat menentukan apakah website tersebut statis, dinamis, atau interaktif. Semakin banyak bahasa pemrograman yang digunakan sebuah website, maka website tersebut akan semakin terlihat lebih baik dan interaktif.

Jenis-jenis bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan adalah, PHP, ASP, HTML, AJAX, Java Script, Java Applet, dan lain-lain. Bahasa pemrograman juga dapat dibuat sendiri, misalnya PHP, JSP, ASP yang digunakan untuk membangun portal berita, forum diskusi, mailinglist, artikel informasi, dan lain sebagainya.

Leave a reply "Website Adalah ??? Simak Penjelasannya Berikut ini"

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*