Tampilan website yang menawan dan profesional sangat dibutuhkan agar website Anda dibanjiri banyak pengunjung dan memiliki daya tarik tersendiri di mata Google atau mesin pencari. Selain itu, memiliki website yang menarik dan tampak lebih keren tentunya bisa memberikan kebanggaan bagi pemilik website itu sendiri.

Tampilan WebsiteAkan tetapi, tidak semua pemilik web bisa mempercantik tampilan blog atau situs website-nya sendiri. Karena pekerjaan ini bukanlah hal yang mudah, terutama bagi para pemula. Apalagi bahasa pemrograman CSS ataupun HTML sendiri bukanlah hal yang mudah untuk dipelajari. Justru sebenarnya, kedua bahasa pemrograman inilah yang merupakan basic atau dasar ketilka melakukan desain website agar menjadi lebih keren dan menarik.

Bagi Anda pemula yang belum menguasai bahas pemrograman CSS maupun HTML di atas, maka Anda tak perlu khawatir karena kami akan membagikan info yang menarik mengenai tips untuk mempercantik tampilan website atau blog milik Anda. Dalam menampilkan desain website yang menarik, tentunya ada 3 hal yang harus Anda perhatikan, seperti widget, background dan efek.

Untuk widget dibagi lagi menjadi 3 kategori, yakni Widget Twitter Follower, Social Button dan Widget Facebook Fanpage Like. Sementara untuk efek dibagi menjadi 2 bagian, yaitu hover dan animasi bergerak. Sedangkan pada bagian background terbagi lagi menjadi 2 bagian, yakni background color dan background image.

Adapun langkah-langkah mempercantik tampilan blog atau website yang perlu Anda ketahui adalah sebagai berikut ini :

1. Background Image

Langkah pertama untuk mempercantik tampilan sebuah website adalah dengan memanfaatkan background image repeat, yakni kode CSS yang berfungsi untuk menduplikat sebuah gambar hingga berulang-ulang. Jadi intinya, Anda akan memakai sebuah gambar berukuran kecil kemudian menduplikasi gambar tadi sampai bisa memenuhi sebanyak 1 halaman.

Namun, gambar yang bisa diduplikasi di sini adalah berupa gambar yang berbentuk pola bergaris layaknya seperti sebuah persegi. Agar Anda bisa mengaplikasikannya pada sebuah blog, maka Anda bisa menyiapkan gambar untuk dijadikan background, setelah itu terapkan gambar tadi menjadi sebuah background di body template.

2. Background Color

Tahapan yang kedua yaitu dengan mengganti warna pada background di website Anda. Di sini Anda akan mencoba untuk membuat sebanyak 2 warna pada 1 div. Di sini, Anda bisa memasukkan widget/gambar/video pada div melalui class gradien.

3. Efek Hover

Efek Hover ini merupakan efek yang timbul ketika kursor terletak di bagian atas selector. Agar Anda membuat sebuah efek hover, maka Anda harus menyiapkan 2 kode yakni kode CSS selector hover dan HTML div.

4. Animasi Bergerak

Untuk mendapatkan sebuah efek animasi yang bergerak, maka Anda bisa memanfaatkan 2 macam cara yaitu cara yang otomatis dan dengan cara menyentuh animasi menggunakan hover terlebih dahulu.

5. Social Share Button

Social Share Button bisa dimanfaatkan untuk memperindah tampilan pada website Anda. Selain itu, widget ini juga sangat efektif untuk dapat meningkatkan SEO dan traffic website. Untuk membuat widget ini, maka Anda bisa mencoba langkah-langkahnya di bawah ini :

• Pertama-tama kunjungi situs link Share This terlebih dahulu, setelah itu pilih platform website yang telah digunakan, misalnya CMS WordPress untuk wordpress.

• Setelah itu pilih opsi model social share button yang paling baik untuk Anda agar tampilan website lebih cantik.

• Kemudian pilih Get The Code agar Anda bisa mendapatkan kode dari widget itu sendiri. Namun tentunya, Anda harus mendaftarkan akun pada ShareThis terlebih dahulu agar mendapatkan kodenya.

Agar Ada bisa menambahkan social share button tadi maka Anda dapat mengaplikasikannya melalui menu tata letak yaitu ddengan memilih JavaScript atau HTML lalu kopikan kode yang tertera dan paste lagi di bagian kolom konten.

Ya, itulah langkah-langkah untuk mempercantik tampilan website agar tampak lebih profesional dan lebih menawan. Selamat mencoba!

Leave a reply "Tips Mempercantik Tampilan Website"

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*