Pengertian server proxy dan fungsinya dalam internet contohnya cara kerjanya pada linux attacks squid wikipedia menurut para ahli adalah backbone manfaatnya kegunaannya kegunaanyaPengertian Server Proxy yaitu sebuah server yang ditempatkan di antara aplikasi serer dan aplikasi client yang menghubungi server tadi. Browser web atau Client FTP merupakan salah satu bentuk aplikasi client.

Adapun yang bertindak sebagai aplikasi server biasanya berbentuk server FTP, server web dan lain sebagainya. Proxy Server ini berfungi sebagai pengendali sekaligus Monitoring jalannya paket data bagi yang melaluinya.

Dalam hal ini bisa dikatakan Proxy Server bahwa Proxy Server berperan sebagai sebuah gateway dunia internet pada tiap komputer client.

User yang tengah berinteraksi dengan sebuah internet menggunakan proxy server, maka tak akan mengetahui jika proxy server yang menangani permintaan yang dimintanya.

Web server sebagai penerima request pada proxy server selanjutnya menginterpretasikan setiap request tadi seakan-akan request tersebyt berasal dari komputer client dan tidak dari layanan proxy server.

Proxy server sendiri umumnya digunakan oleh pengguna internet dengan tujuan agar dapat menyembunyikan identitas user saat berselancar di dunia maya. Melalui proxy inilah, seorang pengguna mempunyai status yang dinamakan Anonymous dalam internet.

Maka dari itulah, jika Anda memakai IP yang berasal dari pihak penyedia proxy, maka Anda tak akan bisa dilacak keberadaan atau lokasi tempat Anda berada, sebab Anda memakai IP tersebut.

Sehingga Anda tak lagi memakai IP pada jaringan atau modem milik Anda. Melalui pemanfaatan kelebihan dari proxy inilah, Anda juga bisa mengakses setiap situs yang statusnya diblokir oleh provider tertentu.

Berdasarkan penjelasan pengertian proxy server di atas, kita bisa menyimpulkan manfaat proxy server berikut ini :

1. Melakukan Filter Terhadap Permintaan

Server Proxy ini bisa berperan sebagai filter untuk setiap permintaan data pada sebuah situs web. Dengan demikian, server proxy bisa melakukan filter untuk situs yang diperkenankan atau tidak diperkenankan dikunjungi setiap pengguna.

Tak hanya itu saja, server proxy berperan juga sebagai sebuah filter pada aplikasi client untuk menggunakan akses menuju dunia internet. Dengan demikian, server proxy ini juga bertindak sebagai sebuah filter pada setiap gangguan internet.

Selain itu, dengan kemampuan filtering ini bisa dikonfigurasi menolak ebuah situs web di waktu-waktu yang telah ditentukan.

2. Connection Sharing

Maksud fungsi proxy server yang satu ini adalah proxy server berperan sebagai lalu lintas atau gateway sebagai batas, di antara jaringan luar dan jaringan lokal.

Gateway ini juga berperan sebagai sebuah titik, sehingga sejumlah koneksi pengguna lokal mudah terhubung pada proxy server, selain itu koneksi dari jaringan luar itu sendiri juga akan terhubung pada proxy server.

Maka dari itu, koneksi pada jaringan lokal menuju internet nantinya memakai sambungan yang telah dimiliki gateway dengan bersamaan atau disebut juga sebagai fungsi Connecttion Sharing.

3. Mekanisme Caching

Jaringan proxy server mempunyai sebuah mekanisme terhadap penyimpanan berbagai objek yang telah diminta berasal dari tiap-tiap server pada internet. Dalam hal ini, mekanisme caching nantiny menyimpan berbagai objek berupa permintaan para user atau pengguna yang bisa didapatkan dari dunia internet.

Adapun maksud dari fungsi ini adalah sebuah proxy dilengkapi juga dengan fitur media penyimpanan sebuah dara pada suatu situs web, yang berasal dari permintaan akses pengguna maupun query.

Web Proxy sendiri merupakan sebuah komputer server dengan peranan sebagai perangkat komputer yang lainnya dengan fungsi melakukan permintaan tentang konten dalam sebuah jaringan internat maupun intranet. Demikianlah sedikit ulasan mengenai pengertian server proxy dan fungsinya!

Leave a reply "Pengertian Server Proxy dan Fungsinya Dalam Internet + Contohnya, Cara Kerjanya Pada Linux"

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*