Pengertian definisi server serta jenis aplikasi menurut para ahli pengertian server dan client pada jaringan komputer dalam sistem side scripting virtualizationApa itu definisi server? Server yaitu merupakan sistem jaringan komputer dengan menyediakan berbagai jenis layanan tertentu pada suatu jaringan komputer. Server didukung oleh RAM berkapasitas handal dan prosessor yang scalable dengan kelengkapan sistem operasi secara khusus.

Biasanya, pada sistem operasi server itu sendiri ada berbagai jenis layanan dengan memakai arsitektur server atau arsitektur client. Adapun contoh-contoh dari layanan yang satu ini yaitu server surat, DNS Server, Server PTH, Protokol Configurasi Host Dinamik dan Server PTB.

Apa saja bentuk aplikasi dari server? Ada beberapa jenis aplikasi server yang perlu diketahui sebagai berikut :

1. Routing

Routing ini merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk menghubungkan setiap rangkaian yang berbeda atau berlainan. Ketika dikirimkan sebuah paket data, maka router menjalankan berbagai macam prose yang begitu penting, seperti membuka paket, menerjemahkan protokol, mengirim paket dan lain sebagainya.

Adapun kelebihan dari router ini, antara lain adalah menghubungkan suatu rangkaian dengan rangkaian lainnya dengan protokol yang berlainan, menghubungkan lebih dari 2 rangkaian agar membentuk sebuah rangkaian internetwork.

2. Samba

Samba atau Server Message Block merupakan sebuah protokol printer sharing dan file sharing agar bisa menyaingi sebuah protokol yang sudah ada, seperti Novell’s IPX-based. Samba disebut juga sebagai printer sharing dan file sharing pertama sebagai protokol yang bisa berjalan untuk multi protokol pada IPX/SPX, NetBEUI, ataupun TCP/IP.

Bisa diartikan juga di mana Samba server ini bisa menggantikan letak dari Novell Server dengan tidak perlu merubah sebuha infrastruktur pada jaringan.

3. DHCP Server

DHCP merupakan mekanisme untuk memungkinkan server agar bisa memberikan serangkaian IP Address dengan dinamis pada client. Komputer client sendiri melakukan sebuah permintaan berupa IP Address tadi pada server, lalu server memberikan sebuah alokasi pada client tersebut.

Mekanisme inilah yang nantinya memberikan berbagai keuntungan pada manajemen jaringan sebab proses penyetingan IP Address sendiri tak harus dilakukan secara manual dalam setiap client.

Server identik dengan port, tidak ada server yang tidak membutuhkan port karena port sendiri merupakan sebuah socket atau jack koneksi yang posisinya berada pada luar unit sistem.

Jangan di kira bahwa setiap port memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda tergantung dari kegunaannya, di bawah ini ada beberapa jenis port dilihat dari kegunaan dan fungsinya :

• Port paralel
fungi dati port paralel ini adalah bisa mentransmisikan dari poisi yang sangat jauh, hebatnya lagi bukan hanya mentransmisikan saja namun bisa menyelesaikan tugaasnya secara cepat. Contoh penggunaan port paralel yaitu pada printer, tape magnetik, disk eksternal dan lain sebagainya.

• Port serial
Port ini di gunakan untuk mengirim dan menerima file atau di sebut dengan mentransmisikan data dengan jarak jauh dengan lambat, contohnya pada modem dial up, keyboard, monitor dan mouse.

• Port USB
Port USB ini dipergunakan untuk mentransmisikan sebuah file atau data sampai 127 periferal pada rangkaian yang dinamakan daisy chain tadi.

4. Port Logika

Port logika yaitu sebuah port yang dipakai dalam aplikasi sebagai jalur konektivitas bersama komputer lainnya dengan menggunakan teknologi yang dinamakan TCP/IP, termasuk juga koneksi internet.

• Port (SCSI)
Sebuah port yang umumnya dipakai untuk mentransmisikan file atau data dengan tepat dan bisa dipakai hingga 7 alat atau mesin sekalipun, disebut juga dengan istilah daisy chain. Adapun contohnya adalah dari sebuah SCSI controller lalu disambungkan menuju perangkat keras berupa Drive eksternal, lalu dari HDD eksternal kemudian disambungkan dengan seri menuju perangkat lainnya, seperti sebuah tape Drive, selanjutnya dari sebuah tape Drive tadi dapat disambungkan juga menuju CD/DVD Drive kemudian seterusnya.

Demikianlah definisi server, aplikasi server dan port sebagai pendukung server itu sendiri. Semoga bermanfaat!

Leave a reply "Pengertian dan Definisi Server Serta Jenis Aplikasi-nya Menurut Para Ahli"

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*