10 Alasan yang Menjelaskan Perbedaan Blog dengan Website

Perbedaan Blog dengan Website1. Search Engine
Perbedaan blog dengan website yang pertama adalah Search engine merupakan sebuah mesin pencarian. Dalam proses mencariannya, search engine akan lebih banyak menyaring blog dibandingkan dengan website. Hal ini karena isi blog lebih banyak mengalami perubahan sedangkan website lebih statis.

2. Interaksi dalam Penggunaan
Perbedaan Blog dengan Website yang paling mencolok adalah blog menyediakan kolom komentar sehingga memugkinkan terjadinya komunikasi dua arah sedangkan website tidak. Sehingga blog disebut dinamis dan website statis. Hal ini membuat banyak orang lebih menyukai penggunaan blog dibandingkan website. Blog menempatkan pemilik dan pengguna sebagai sumber informasi. Sedangkan website hanya menempatkan pengunjungnya sebagai pembaca. Ini menampakkan posisi website yang kurang interaktif.

3. Waktu Publikasi
Dari segi efisiensi mengenai waktu, website lebih fleksibel sebab penggunanya dapat mempublikasikan apapun dalam website tidak terbatas dengan waktu sedangkan untuk blog pengguna hanya dapat melakukan pengisian konten pada jam 08.00 sampai 12.00 saja.

4. Pengaruh Rating
Dalam blog, rating merupakan hal yang sangat penting. Semakin banyak pengunjung maka itu merupakan sebuah keuntungan bagi blog sedangkan dalam website hal tersebut tidak terlalu berpengaruh. Maka dari itu pengguna blog biasanya lebih kontinyu dalam melakukan pengelolaan pada blognya setiap hari, seperti rajin menulis artikel, mengubah tampilan, mengedit dan lain sebagainya.

5. Tampilan Homepage
Perbedaan blog dengan website yang paling menonjol adalah ketika anda melihat bagian homepagenya. Homepage blog lebih banyak berisi mengenai artikel-artikel yang ditulis sedangkan website pada bagian homepage lebih jelas karena berisi mengenai profil. Dari sebuah homepage website, pembaca akan langsung mengetahui visi-misi, keterangan lengkap, serta tujuan dari website tersebut dibuat.

6. Daftar Konten
Blog lebih bersifat dinamis, jika anda memposting sebuah artikel ke dalam blog maka artikel terbarulah yang akan muncul, baru setelah itu disusul artikel yang lebih lama sedangkan pada website yang bersifat statis, anda tidak akan mendapatkan daftar seperti itu.

7. Coding
Bagi pemula, anda akan lebih cocok untuk menggunakan blog sebab pada blog tidak perlu repot untuk melakukan proses pengkodean. Berbeda dengan website yang mengharuskan penggunanya untuk paham mengenai pengkodean sekelas HTML5,PHP, CSS3, dan masih banyak lainnya.

8. Gaya Bahasa
Mengenai gaya bahasa, biasanya blog lebih preferen menggunakan bahasa yang semi formal dan interaktif. Hal ini karena blog bukan merupakan situs resmi dan kebanyakan hanya dikelola oleh perorangan saja. Berbeda dengan website yang dalam menggunakan bahasa terkesal lebih formal dan profesional. Penggunaan bahasa ini nyatanya memberikan pengaruh kepada pembaca, biasanya bagi pembaca yang ingin mencari referensi mengenai suatu hal, ia akan cenderung lebih memilih website sebagai sumber ketimbang dari blog.

9. Pemilik/Pengguna
Blog biasanya dikelola oleh seseorang sedangkan website dikelola oleh sekelompok orang secara bersama-sama. Selain itu kebanyakan pemilik blog berasal dari orang-orang kalangan biasa seperti, pelajar sedangkan website adalah milik kalangan profesional dengan tujuan ke arah komersial.

10. Biaya
Perbedaan blog dengan website dari segi biaya. Jika anda menggunakan blog, anda tidak perlu mengeluarkan biaya karena tersedia banyak jenis blog yang dapat anda buat secara gratis. Selain itu sub domain dan web hosting juga telah disediakan oleh situs blog itu sendiri. Berbeda dengan website yang membutuhkan uang untuk menyewa domain dan web hostingnya. Namun dari segi keuntungan, menggunakan website biasanya lebih ke arah komersial.

Leave a reply "Ini Yang Menjelaskan Perbedaan Blog dengan Website"

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*