Ini Nih Yang Buat Website Sepi Pengunjung

Memiliki sebuah situs website dengan banyak pengunjung pasti akan membuat siapapun jadi lebih bersemangat. Sayangnya, mendapatkan banyak pengunjung pada website kita bukanlah perkara mudah.

Tak sedikit pula para pemiliki website ataupun blog yang kebingungan lantaran websitenya yang sepi pengunjung.

Website sepi pengunjung memang selalu memprihatinkan. Tak heran kalau materi tentang hal ini sering dibahas dalam seminar maupun workshop bisnis online. Ya, bahasan ini ini juga sering dikenal dengan istilah ‘traffic’ alias lalu lintas.

Website yang memiliki sedikit pengunjung artinya traffic-nya masih rendah. website dengan traffic rendah berarti hanya ada sedikit orang alias yang biasa disebut sebagai visitor yang mampir ke website kita.

Padahal, jumlah visitor yang banyak ini adalah hal penting dalam sukses tidaknya bisnis online kita.

Jenis Traffic

Karenanya, para pelaku bisnis yang bergelut di bidang online ini pun selalu mencari cara untuk meningkatkan jumlah visitor agar websitenya tak lagi sepi pengunjung. Untuk mendapatkan traffic, kita perlu juga untuk mengetahui bahwa ada tiga jenis traffic yang bisa kita peroleh.

Secara umum, traffic terdapat tiga jenis yakni : (1) Organic traffic, (2) An-organic / paid traffic, dan (3) Direct traffic. Apa saja pengertian dari masing-masing traffic ini? Berikut bahasan yang lebih detail untuk Anda:

Organic (search) traffic

Organic traffic umumnya datang dari search engine alias mesin pencarian. Mesin pencari ini bisa berupa google, yahoo, dan juga bing. Cara kerjanya cukup dengan mengetikkan “kata kunci”, maka muncullah beberapa web yang dihasilkan dari mesin pencarian tersebut.

Nah, web yang kita pilih dari hasil pencarian tersebutlah yang kemudian akan mendapatkan organic traffic. Apalagi rangking kita pada suatu “keyword” semakin tinggi, maka semakin besar pula kesempatan kita untuk mendapatkan pengunjung.

Organic traffic juga bisa didapatkan dari social media. Misalnya saja seperti instragram, facebook, twitter, dan youtube. Selain itu, backlink dari web site lain juga dapat dikategorikan ke dalam organic traffic.

Peningkatan traffic melalui organic ini cukup menguntungkan. Berikut adalah keuntungan dari Organic Traffic :

1. Dapat diperoleh secara gratis. Cukup dengan optimasi dan SEO saja.

2. Jangka panjang. Apabila kompetisi relatif longgar, maka website juga bisa bertahan selama berbulan-bulan bahkan bertahun tahun pada halaman utama pencarian search engine.

3. Meningkatkan kredibilitas. Apabila website mampu berada pada posisi rangking 1 google, maka kredibilitas web site secara otomatis akan ikut meningkat. Tentu saja google pun hanya akan memilih web yang baik untuk tampil pada rangking atas.

4. Dapat menghasilkan uang. Anda bisa melakukan berbagai pemasaran termasuk berjualan produk sendiri, menjual produk orang lain (affiliate), atau menjual space bagi pengiklan.

Tentu saja tak hanya kelebihan yang dimiliki organic traffic. Ada juga kelemahan dari organic traffic yang juga penting untuk Anda ketahui. Lantas apa saja kekuranganya? Yang paling utama adalah mendapatkan organic traffic tidaklah mudah.

Tidak bisa mendapatkan organic traffic secara instant. Bahkan ketika Anda sudah menerapkan SEO-pun, Anda masih membutuhkan waktu. Lama waktu yang dibutuhkan pun sangat relatif, tergantung pada kata kuncinya. Kata kunci kelas menengah biasanya membutuhkan waktu antara 2 sampai 3 bulan.

Selain itu, untuk menggunakan SEO pun tidak sembarangan. Anda butuh sikll yang mumpuni, baik skill dalam penulisan maupun programming. Kabar baiknya, saat ini ada cukup banyak tools yang tersedia untuk membantu Anda mendapatkan optimasi SEO dengan lebih mudah.

Jika tak ingin website sepi pengunjung dan mendapatkan traffic yang maksimal, maka Anda bisa memanfaatkan jasa ad words dan sediakan saja uang yang lebih. Tentu kalau Anda berani untuk mengeluarkan modal demi mendapatkan traffic yang tinggi.

Leave a reply "Ini Nih Yang Buat Website Sepi Pengunjung"

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*