Domain adalah sebuah nama unik untuk mengidentifikasi sebuah website atau nama server pada komputer maupun jaringan internet. Domain merupakan salah satu unsur terpenting dalam sebuah website itu sendiri. Tanpa adanya domain, maka sebuah website tak memiliki arti apapun. Nama domain sendiri bisa dimaksud sebagai alamat dari situs web itu sendiri.

Domain AdalahKarena untuk mengakses sebuah website, maka kita membutuhkan alamat domain/URL dari website tersebut. Jadi, saat kita akan berkunjung ke situs web tertentu maka harus mengetahui alamat URL, Link ataupun nama domainnya. Sehingga kita akan terhubung pada alamat situs web yang dituju. Nama domain sendiri sebenarnya selalu dilengkapi dengan ekstensi, seperti .net, .org, .co.id, .com, .gov, .info dan lain sebagainya.

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai domain ini, ternyata setiap tokoh ataupun para ahli memiliki pendapat yang berbeda-beda tentang arti dari domain itu sendiri. Adapun arti domain menurut para ahli adalah sebagai berikut :

1. Domain Menurut Premysl Raban

Dalam bukunya yang berjudul .eu domain name dimana, Premysl Raban menyatakan bahwa domain adalah sebuah sitem global atau global adressing system sebagai penerjemahan sebuah Internet Protokol (IP) berbentuk angka-angka ke dalam sebuah nama yang dikenal dengan nama domain. Jadi yang namanya domain menurut Raban sendiri yaitu perubahan sebuah IP address ke dalam bentuk nama unik yang disebut nama domain tadi.

2. Domain Menurut Jeff Rutenbeck

Nama domain menurut Jeff Rutenbeck sendiri adalah sebuah program atau metode penamaan sebagai identifikasi unik bagi server jaringan yang ada di internet. Sehingga ketika pengguna internet mengetik domain sebuah web pada web browser, dengan begitu nama domain sistem selanjutnya mulai memproses permintaan pengguna sesuai dengan nama domain yang diketikkan atau dicari. Sehingga terhubunglah user menuju website yang ditujunya itu.

3. Domain Menurut Syafrizal

Pada bukunya yang berjudul Pengantar Jaringan Komputer, Melwin Syafrizal menuturkan bahwa domain bisa disamakan seperti saat kita memakai sebuah buku telepon, yaitu kita mencoba mencari nomor telepon seseorang melalui namanya.

Sementara itu, agar kita bisa menghubunginya maka kita harus melakukan panggilan pada nomor telepon tujuan melalui telepon rumah ataupun telepon genggam milik kita. Nah, kita menamai nomor telepon tersebut beserta nama dari orang yang akan dihubungi. Sehingga pada ponsel kita akan terdapat nomor berikut nama dari orang yang kita hubungi tadi.

4. Domain Menurut Irene Joos, Nancy

Menurut Irene Joos, Nancy nama domain merupakan identitas dari sebuah website yang terdapat dalam internet. Selain itu, nama domain sendiri dilengkapi dengan ekstensi di belakangnya.

5. Domain Menurut Yuhefizar

Yuhefizar berpendapat tentang pengertian sebuah domain yang berarti nama unik dari sebuah website dengan terdapat 2 kata atau bagian yang dipisahkan dengan sebuah titik.

Di samping pengertiannya di atas, nama domain sendiri memiliki beberapa level seperti di bawah ini :

• Top Level Domain

TLD ini adalah urutan kata pada nama domain yang biasanya terletak di bagian belakang atau biasa disebut juga sebagai ekstensi, seperti .edu, .org, .com dan lain seagainya.

Nah, TLD atau Top Level Domain ini dibagi lagi menjadi 2 jenis, seperti Global Top Level Domain (ccTLD), dan Country Code Top Level Domain (ccTLD). Umumnya, ccTLD ini sendiri disesuaikan dengan masing-masing dari negara pemilik website itu sendiri, misalnya saja Indonesia yang memakai kode id di belakangnya. Adapun contohnya adalah net.id, .co.id, dan lain sebagainya.

• Second Level Domain

SLD sendiri termasuk salah satu nama domain yang biasanya didaftarkan dan dipilih sebagai nama domain untuk website Anda. Adapun contohnya adalah indahnyadunia.com, indahnyadunia ini merupakan SLD dari domain tersebut sedangkan nama .com-nya merupakan TLD.

• Third Level Domain

Level yang terakhir ini biasa disebut Third Level Domain atau TLD biasanya terletak tepat sebelum SLD atau nama domain yang dipilih. Misalnya Anda memilih nama domain indahnyadunia.com maka Anda bisa menambahkan TLD dengan mail.indahnyadunia.com.

Jadi, pengertian sebuah domain adalah nama unik yang selalu melekat dalam sebuah website sebagai identifikasi dari website itu sendiri.

Leave a reply "Domain Adalah ? ini Pengertian Menurut Para Ahli dan Tingkatannya"

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*