Cara kerja mail server secara umum adalah meliputi smtp dan pop3 prinsip postfixIni Pengertian dan Cara Kerja Mail Server

Bagaimana cara kerja mail server? Mail server merupakan sebuah server dengan tugas untuk melayani setiap permintaan email pada user. Mail server ini menawarkan layanan seperti surat menyurat secara elektronik, entah itu bersifat gratis ataupun berbayar.

Mail server bisa dikatakan sebagai program daemon untuk mendistribusikan dan menyimpan email pada suatu jaringan. Adapun protokol yang sering kali dipakai pada mail server ini, adalah IMAP, protokol SMTP dan POP3.

SMTP atau Simple Maol Transfer Protocol dipakai sebagai sebuah standar untuk mendistribusikan dan menampung email, sementara IMAP (Internet Mail Application Protocol) dan POP3 (Post Office Protocol V3) dipakai supaya user bisa membaca dan mengambil email melalui remote.

Yakni tanpa harus login terlebih dahulu pada sistem shell alat mail senter, melainkan hanya dengan menghubungi suatu port di mana mail server inilah yang melakukan implementasi protokol IMAP dan POP3.

Dulu, istilah mail server ini dikenal dengan nama IBM Seecure Mailer dan Vmailer, yang ditulis awalnya oleh seseorang yang bernama Wietse Venema semenjak berada di Watson Research Center kemudian terus dikembangkan dengan aktif sampai saat ini.

Adapun prinsip kerja dari mail server adalah sebagai berikut :

1. Apabila terdapat mail remote atau mail local yang memanfaatkan SMTP, kemudian ditempatkan pada direktori/maildrop/mail/var/postfix.

2. Pada mail server akan dilakukan pengecekan domain, username, hingga host tujuan. Apabila bermasalah, maka mail akan langsung dikembalikan pada pengirim. Umumnya terdapat 1 tembusan menuju postmaster.

3. Queue maneger biasanya memisahkan berbagai macam mail untuk ditujukan pada mail dan jaringan lokal untuk sebuah host jaringan pada remot. Apabila terjadi kemacetan pada mail, maka Queue Manager melakukan pemilahan, dengan demikian tak mempengaruhi terhadap pengaturan mail yang lainnya.

4. Maildrop, maka mail dilakukan clean up melalui penambahan header lalu meletakannya di bagian imcoming/var/direktori/postfix/mail. Dengan inilah, program dari queue manager diaktifkan.

5. Trivial rewrite merupakan program panggilan Queue Manager untuk melakukan resolving sebuah alamat yang berasal dari tujuan surat.
Software pada client mail sendiri digunakan yang namanya squirrelmail veri 1.4.2.0 yang termasuk client mail dengan basis web. Adapun keuntungan dari client mail dengan basis web ini adalah pengguna tak harus melakukan konfigurasi terhadap mail client. Dengan begitu, user hanya perlu mengetahui URL/IP, passord dan username menuju mail client.

Dalam sebuah mail server ada sebanyak 2 server berbeda, yakni outgoing dan incoming server. Server SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) melalui port 25 sediri biasanya bertugas untuk menangani sistem outgoing email.

Sementara itu, POP3 biasanya bertugas menangani email melalui port 110. Ketika email sedang dikirim, biasanya langsung dikelola SMTP Serve lalu dikirim menuju SMTP tujuan, entah itu secara langsung ataupun dengan melalui berbagai SMTP server yang ada di jalur tujuannya.

Jika server terkoneksi melalui jaringan hingga pesan langsung dapat dikirim, sedangkan jika server tak terkoneksi pada jaringan pesan pun akan langsung dimasukkan pada queue. Pesan tersebut dikirim kembali tiap 15 menit.

Jika jaringan ternyata tidak terdapat koneksi juga, maka biasanya muncul notifikasi berupa undeliver notice menuju inbox pengirim.

Untuk email yang terkirim sendiri biasanya masuk ke bagian IMAP server atau POP3 server.

Dengan memakai POP3 server dan user membaca sebuah file pesan, dengan demikian komputer user melakukan download dile sebagai pesan yang berasal dari server dengan begitu file tadi hanya terdapat pada komputer pengguna.

Ya, itulah ulasan mengenai cara kerja mail server dan pengertiannya untuk Anda. Semoga bermanfaat!

Leave a reply "Cara Kerja Mail Server Secara Umum Adalah? Meliputi SMTP dan POP3, Simak ini"

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*