Belajar Banyak Mengenai DevOps di HappyTech x DevTalk

Apabila kamu adalah seorang developer dan sedang mengembangkan aplikasi ataupun software, sudah pasti pada suatu hari akan terdapat beberapa update atau sejumlah update atau pembaruan yang perlu kamu lakukan untuk menyempurnakan aplikasi tersebut.

Lantas apa yang akan kamu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut?

Jika kamu masih melakukannya secara manual? Maka langkah yang kamu ambil adalah memindahkan source code atau kode sumber ke live server, melakukan tes atau debugging (untuk memastikan apakah source code tersebut berfungsi dengan baik, jika akhirnya lancar maka akan lanjut ke langkah berikutnya.

Jika tidak tentunya kamu harus memeriksa letak kesalahannya dan memperbaikinya.) Jika sudah fix, maka dapat dilanjutkan dengan melakukan konfigurasi dan yang terakhir adalah melakukan pengubahan yang diperlukan pada beberapa pengaturan.

Memang proses ini terlihat mudah, tapi jika dilakukan secara berulang-ulang maka sudah pasti akan menyita waktu yang cukup lama. Belum lagi jika ada error saat proses tersebut sedang berlangsung dan error tersebut sangat sulit untuk ditemukan atau lama untuk menemukannya.

Selain itu, pada kenyataannya terkadang para developer tidak hanya bekerja sendirian dalam melakukan pembaruan, tetapi juga melibatkan tim operasional.

Dengan begini maka dapat memperpanjang proses dan waktu pengerjaan bahkan terkadang timbul sedikit friksi atau gesekan antara tim pengembang dengan tim operasional.

Karena itulah diperlukan sesuatu yang dapat memangkas waktu pengerjaan sehingga membuat tim pengembang dan tim operasional dapat bekerjasama dengan lebih optimal.

Saat ini ada hal yang sedang ramai diperbincangkan sebagai solusi untuk mengatasi hal tersebut yakni DevOps.

Apa Itu DevOps?

Ini merupakan sebuah metode pengembangan software yang lebih menekankan kepada komunikasi, kolaborasi, serta integrasi antara pengembang, testing infrastruktur, dan tim operasional.

Kenapa Harus DevOps?

Dengan metode pengembangan ini, semuanya akan dibuat secara otomatis mulai dari proses testing workflow hingga infrastruktur.

Jika kamu menggunakan metode ini, maka kamu bisa meminimalkan human error atau kesalahan manusia, menghilangkan Silo, menghemat waktu, dan dapat meningkatkan kecepatan kerja.

Tentunya dengan begini biaya operasional akan dapat dipotong atau ditekan dan aplikasi dapat lebih cepat didistribusikan ke para pengguna

Ada Apa Dengan Dengan DevOps?

Mungkin beberapa diantara kalian akan bertanya-tanya seperti apakah metode pengembangan ini dan kapan waktu yang tepat untuk menggunakannya? serta Apakah metode pengembangan software ini diperlukan di perusahaan yang kamu miliki atau di perusahaan dimana tempat kamu kerja?

TIA DevTalk yang kali ini berkerja sama dengan HappyTech (inisiatif dari HappyFresh untuk mempertemukan developer) akan mengupas tuntas tentang metode pengembangan software ini dari proses hingga cara penerapannya.

Jika kamu adalah seorang pengembang, DevOps enginer, Project leader ataupun tertarik untuk mempelajari DevOps dan pengembangan produk, maka acara ini sangat cocok untukmu.

Acara ini akan diselenggarakan pada:

Hari : Kamis, 21 April
Pukul : 18.00-21.00 WIB
Tempat: Freeware Spaces, Jalan Bangka XII No 4, Kemang, Jakarta Selatan 12720

Pembicara Dari Acara yang Terkenal dan Ahli

Pembicara dari acara ini juga sangat terkenal, yakni 2 orang yang cukup lama bermain di industri teknologi. Mereka adalah Fajar A. Budiprasetyo dan Addhe Warman. Fajar merupakan salah satu senior dalam dunia ini.

Apabila kamu pernah dengar koprol maka itu adalah media sosial yang dibuat oleh orang ini dan telah diakuisisi oleh Yahoo pada tahun 2010. Selain itu Fajar juga ikut menginisiasi beberapa perusahaan lainnya

KMKLabs merupakan perusahaan di Indonesia yang menerapkan Agile Metodhologies. Beberapa produk yang mereka ciptakan adalah vidio.com dan liputan6.com.

Nah, mas Addhe Warman inilah orang yang berperan sangat penting dalam pengembangan produk di perusahaan tersebut dan dia menjabat sebagai IT Head of Infrastructure KMKLabs.

Apa Saja Yang ada di Dev Clinic

Di sini kamu bisa langsung bertemu dua orang expert yang bisa kamu ajak berdiskusi santai mengenai DevOps. Kedua orang tersebut adalah :
1. Rendra Perdana Satria – Head of IT Infrastructure & Security, MatahariMall.com
2. Lodewijk Christoffel – Technical Lead (Architect), OLX

Leave a reply "Belajar Banyak Mengenai DevOps di HappyTech x DevTalk"

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*