Sebagian orang mungkin telah memahami apa itu WordPress, bahkan telah menggunakannya. Namun bagi anda yang pemula yang belum memahami dengan jelas, pengertian WordPress, kami akan paparkan.

apa itu wordpressWordPress adalah salah satu di antara puluhan ribu media yang sangat populer untuk membuat website baik blog pribadi maupun web perusahaan, bahkan situs penjualan dan situs lain dalam bidang-bidang tertentu.

1. Keunggulan WordPress

Selain wordpress masih banyak situs-situs lain yang dapat diakses baik gratis maupun berbayar. Yang cukup terkenal adalah blogger, layanan blog gratis untuk para pemula. Selain itu ada juga Joomla dan Drupal. Dari sekian banyak situs yang tersedia, mengapa anda disarankan menggunakan WordPress? Karena situs yang satu ini lebih unggul dan banyak dipilih orang untuk ngeblog.

Menurut Survey yang dilakukan oleh salah satu media terkenal di Amerika, hingga tahun 2014 pengguna WordPress telah mencapai hampir 60% dari seluruh orang di dunia. Berbagai plugin dengan berbagai fitur menarik tersedia di WordPress dan penggunanya bisa mendapatkannya secara gratis di situs resmi WordPress.

2. Cara Kerja WordPress

Pada dasarnya WordPress merupakan kumpulan dari ribuan bahasa pemrograman PHP. Saat users mengakses sebuah web maka kode pemrograman akan langsung diproses oleh web server. Setelah itu muncul kode HTML yang akan dikirm ke web browser untuk diakses.

Tidak hanya penggunaan PHP, WordPress juga dilengkapi dengan MySQL yang berfungsi untuk menyimpan artikel, gambar, video, dan file lainnya. Maka dari itu, jika anda ingin menggunakan WordPress di jaringan komputer lokal, disarankan untuk menginstall aplikasi XAMPP.

3. Cara Membuat Blog di WordPress

Terdapat dua cara, yang pertama anda dapat memilih untuk mendaftar di situs www.wordpress.com di sini anda dapat mendaftar secara gratis dan lebih mudah. Namun karena ini tidak berbayar, maka anda hanya dapat menggunakan themes yang disediakan oleh situs resmi wordpress.

Cara kedua, anda harus menyewa sebuah domain dan web hosting untuk membuat web pribadi. Situs untuk menyewa domain dan hosting sudah sangat banyak, baik itu dari luar negeri ataupun di Indonesia sendiri. Cara kedua ini memang kurang cocok bagi pemula yang belum mengerti mengenai domain dan hosting.

Selain itu ini merupakan web berbayar. Namun keuntungannya, anda dapat memodifikasi dan mengganti berbagai macam themes tanpa terbatas ketersediaan sehingga WordPress anda akan tampak lebih profesional dan menarik.

Biaya yang akan anda bayarkan sangat beragam, bergantung pada nama domain serta kapasitan web hosting yang anda pilih. Biasanya biaya berlangganannya dilakukan setiap tahun sekali.

4. Manfaat WordPress

a. Sebagai Media Aktualisasi Diri

Dengan adanya web maka anda akan lebih mudah menyalurkan bakat serta hobi. Misalkan saja hobi menulis atau menggambar. Dengan memposting tulisan atau hasil gambar, maka hasil karya anda tesebut akan banyak dibaca orang.

Dari situ mungkin akan banyak juga yang memberi nilai melalui komentar. Semua itu dapat anda jadikan motivasi untuk menghasilkan karya lebih banyak dan berkualitas lagi. Dengan begitu karya anda juga akan banyak diapresiasi orang lain.

b. Menghasilkan Uang

Dengan memiliki blog pribadi, maka anda juga dapat menjual produk atau jasa pada orang lain. Ini dapat menjadi pekerjaan sampingan bagi anda khususnya pelajar dan mahasiswa yang ingin mulai berbisnis dan hidup mandiri. Tunjukkan kehalian anda. Jika anda hobi menulis, maka tulislah artikel-artikel sesuai dasar bidang yang anda minati.

Jika tulisan anda diminati dan banyak dibaca orang otomatis pengunjung anda akan semakin bertambah. Bertambahkan pengunjung akan membuat blog anda menjadi populer. Dengan begitu akan banyak tawaran untuk memasang iklan. Dari iklan biasanya anda akan mendapat banyak keuntungan.

Leave a reply "Apa itu WordPress dan Manfaatnya"

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*