5 Fitur Penting dalam Google Webmaster Tools dan Cara Memasangnya

Google Webmaster Tools seringkali dimanfaatkan oleh para pemilik website dan developer di seluruh dunia untuk melakukan optimalisasi situs, melakukan diagnosa sekaligus memonitor kinerja situs mereka.

Tool ini memang sangat penting untuk digunakan, sehingga Anda yang belum menggunakannya, disarankan untuk segera memanfaatkannya.

Lagipula, Anda tak perlu membayar untuk menggunakan tools ini alias gratis. Berbagai aplikasi yang terdapat dalam situs ini sangat berharga untuk membantu Anda memaksimalkan website Anda. Lantas, apa manfaat penting dari penggunaan Google Webmaster Tools?

Berikut adalan lima fitur penting dalam google webmaster tools untuk Anda :

1. Menyediakan alternatif keyword yang tidak tersedia di Google analytics

Google analytics sering kali tidak menyediakan laporan keyword dan mengatakannya sebagai “not provided”. Padahal, laporan keyword ini sebenarnya dapat Anda akses di Google Webmaster Tool.

Dengan Google webmaster tool, Anda dapat mengakses pada tab search queries untuk mendapatkan informasi posisi rata-rata situs Anda di search engine, angka impression, jumlah klik, serta click through rate. Dengan informasi ini, Anda dapat mengetahui seberapa banyak impression dari brand Anda.

Meski demikian, perlu diingat bahwa data yang diberikan Webmaster Tools tidak 100% complete karena mereka hanya menampilkan sebagian kecil dari keyword untuk situs dengan banyak ranking keywords.

2. Menyediakan Monitor Link Profile untuk Situs Anda

Google Webmaster Tools memiliki fitur “Links to your Site” yang sangat penting untuk melihat website apa saja yang memberikan link ke website Anda. Meski demikian, google hanya dapat memberikan informasi hingga 100.000 link dan selebihnya, Google mungkin tidak dapat mendata semua backlink.

Anda juga dapat men-download daftar URL dalam CSV atau file Google Docs dan menggunakannya dalam aneka proses analisis backlink. Hal ini tentu merupakan sesuatu yang baik bagi SEO.

3. Memberikan E-mail Notifications tentang Issues/Penalties dari Situs Anda

Google Webmaster Tool akan segera memberitahu Anda jika Google menjatuhkan sanksi pada Anda, atau apabila terdapat masalah lain dengan situs Anda. Hal ini merupakan elemen penting karena tools inilah yang menjadi satu-satunya tempat yang dapat memberikan notice terkait tindakan yang diambil terhadap situs Anda.

Dengan tools ini, anda pun dapat lebih sigap apabila situs Anda menjadi sasaran hacker jahat, atau apabila terdapat masalah pada robot. txt atau crawling issues.

4. Merecover Situs Anda dengan Disavow Tool

Dengan tools ini, Anda dapat menelusuri backlink yang tampil tidak wajar dan kemudian menghapusnya. Hal ini sangat penting karena apabila situs Anda membuat alarm Google berbunyi maka Anda pun akan mendapat red flag.

Red flag ini kemudian akan di-review oleh manusia dan Anda dapat dikenakan sanksi sampai pelanggaran terselesaikan.

5. Mengidentifikasi Broken Pages pada Situs Anda

Dengan menggunakan Google Webmaster Tools, Anda bisa memperoleh data tentang URL/ site related errors yang teridentifikasi ketika Googlebot memeriksa website Anda. informasi ini sangat berguna untuk membantu Anda dalam memperbaiki masalah dan meningkatkan user experience dan menyelamatkan anda dari tindakan mengecewakan banyak visitor.

Cara memasang Google Webmaster Tool

Untuk memasang tool ini, silahkan googling dengan keyword “google webmaster tool” atau bisa juga langsung masuk ke:
>> https://www.google.com/webmasters/tools/home?hl=en
Pilih ‘add a site’, masukkan website Anda.

Langkah selanjutnya, lakukan verifikasi ownership website, dan Anda pun bisa mulai mencoba alternate method >> HTML tag kemudian, copy tag HTML tersebut ke website Anda bagian. Klik verify. Selanjutnya, tools menarik ini pun sudah terinstall di website Anda dan siap digunakan.

Leave a reply "5 Fitur Penting dalam Google Webmaster Tools dan Cara Memasangnya"

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*